Selayang Pandang SMA Negeri Benlutu
- Sabtu, 21 September 2024
- Administrator
- 0 komentar
Ditinjau dari kelembagaan SMA Negeri Benlutu mempunyai tenaga akademik yang handal, memiliki manajemen yang kokoh yang mampu mengembangkan seluruh potensi untuk kreativitas anak,serta memiliki kemampuan antisipatif masa Depan yang proaktif.
Selain itu SMA Negeri Benlutu memiliki pemimpin yang mampu mengakomodasi seluruh potensi yang dimiliki menjadi kekuatan penggerak lembaga secara menyeluruh.sejak berdirinya SMA Negeri Benlutu. Pimpinan sekolah SMA Negeri Benlutu Bapak Drs. Adrian J. Nenoliu, M. Pd. Dibawah kepemimpinan beliau, SMA Negeri Benlutu menunjukkan peningkatan kualitas. Kita berharap dengan semakin bertambah usia,SMA Negeri Benlutu semakin mampu memberikan sumbangan yang terbaik dibidang akademik.
Di atas telah dikemukakan bahwa secara berkelanjutan SMA N Benlutu senantiasa berbenah diri hingga menjadi tempat yang baik dan ideal bagi seluruh warga sekolah. Strategi dan kebijakan yang mendukungnya adalah mewujudkan sikap peduli dan berbudaya lingkungan. Kendati demikian, SMAN Benlutu menyadari bahwa untuk mewujudkan hal tersebut masih banyak aspek–aspek yang perlu dibenahi dan dikembangkan, antara lain kebijakan sekolah untuk mengembangkan sikap peduli dan berbudaya lingkungan hidup, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan yang berbasis partisipatif dan pengembangan dan atau pengelolaan sarana pendukung sekolah. Keempat hal tersebut secara holistik merupakan aspek penting yang seharusnya dikembangkan secara proporsional guna mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.
Terkait dengan ini dapat disampaikan kondisi nyata sebagai berikut :
Mulai tahun 2008 SMAN Benlutu memiliki visi dan misi yang mengembangkan sikap sadar lingkungan yaitu “
VISI SMA NEGERI BENLUTU
“Unggul dalam prestasi, berkarakter, peduli lingkungan, berbudaya, berwawasan global dilandasi iman dan kasih.”
MISI SMA NEGERI BENLUTU
- Meningkatkan kualitas sumber daya Manusia yang berkarakter dan mandiri melalui pembinaan kerohanian.
- Menciptakan suasana kerja yang sejuk melalui manajemen transparan dan partisipatif, dan inovatif sesuai tuntutan perkembangan IPTEK.
- Mengembangkan mutu peserta didik melalui pembelajaran yang inovatif dan varatif dengan menerapkan metode yang bervariasi dan bimbingan secara efektif dan efisien.
- Meningkatkan daya kreasi Peserta Didik dalam bidang seni,bahasa, dan budaya di tingkat lokal dan nasional.
- Mengembangkan jiwa kepemimpinan peserta didik yang berkepribadian serta berbudi pekerti luhur, disiplin, dan berakhlak melalui OSIS.
- Melaksanakan kurikulum berwawasan lingkungan dengan berlandaskan kearifan lokal dan budaya nasional.
- Menjalin hubungan yang harmonis antara sekolah dengan orang tua/wali peserta didik, masyarakat, instansi dan lembaga terkait dalam rangka pencapaian visi sekolah yang optimal
TIM BAHASA